Apakah Kendaraan Dapat Melaju Melebihi Batas Akhir Speedometer?
Info Otomotif

Apakah Kendaraan Dapat Melaju Melebihi Batas Akhir Speedometer?

BLOG.RAINBOWRENTCAR.COM – Speedometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan suatu kendaraan. Setiap kendaraan bermotor harus menggunakan speedometer sebagai salah satu alat keamanan berkendara. Karena dengan adanya speedometer, pengendara dapat mengetahui berapa kecepatan kendaraan yang mereka kendarai.

Bagaimana cara kerja dan membaca Speedometer?

Informasi yang ditampilkan dalam speedometer umumnya terdiri dari angka 0 sampai dengan 220 km/h. Angka tersebut berjajar melengkung 2/3 lingkaran. Cara membacanya cukup mudah. Jika jarum speedometer menunjukkan angka 40, berarti kecepatan mobil sebesar 40 kilometer per jam (km/h).

Angka 40 tersebut merupakan kecepatan konstan. Artinya, selama satu jam, mobil mampu menempuh jarak 40 kilometer. Namun, angka ini dapat berubah seiring dengan bertambah atau berkurangnya kelajuan mobil. Nah, sedangkan pada jenis digital biasanya kecepatan kendaraan ditunjukkan oleh angka utama.

Tachometer
Tachometer

Selain speedometer, setiap kendaraan bermotor sekarang telah menggunakan Tachometer. Apakah kamu tahu apa itu Tachometer? Tachometer adalah sebuah alat ukur yang sering digunakan untuk mengukur titik aman atau berbahaya dan menunjukkan kecepatan rotasi pada suatu kendaraan.

Fungsi dan cara kerja Tachometer

Indikator yang memiliki satuan rotasi per menit (rpm) ini sangat berguna untuk pengendara. Dapat dikatakan, tachometer adalah instrumen yang menuntun pengoperasian kendaraan. Dengan berpedoman pada tachometer, kendaraan akan berjalan menurut putaran statis. Hal ini dapat menghemat bahan bakar.

Pada mobil, alat ini berfungsi khusus memantau rpm mobil. Dengan melihat angka yang tertulis dalam tachometer, Kamu bisa memantau rpm agar tidak melebihi ketentuan pabrik. Sebab, jika angka rpm terlalu tinggi, hal ini dapat mengurangi usia pemakaian mesin menjadi sangat pendek.

Cara kerja Tachometer, saat melihat tachometer, Kamu akan melihat angka 0 sampai dengan 6 pada lengkungan alat tersebut. Angka itulah yang ditunjuk oleh tachometer dalam mengukur rpm mobil Kamu.

Jarak yang ditunjuk tachometer tersebut kemudian dikalikan dengan 1000, seperti petunjuk yang ada di tengah alat ini. Hasil konversi perkalian inilah yang menunjukkan nilai rpm mobil Kamu. Angka rpm ini menampilkan kecepatan perputaran mesin mobil.

Indikator tachometer dapat digunakan untuk mengetahui sehat atau tidaknya mesin mobil. Kamu dapat memeriksa nilai tachometer saat pertama membeli mobil. Kemudian pada waktu tertentu, Kamu diharapkan mengecek kembali. Jika rpm naik, tandanya ada yang salah dengan mesin kendaraan Kamu.

Nah, perlu diperhatikan juga saat kondisi mobil menyalakan AC, angka yang ditunjuk rpm tidak boleh berubah. Tidak adanya perubahan nilai rpm tersebut menunjukkan mesin kendaraan Kamu dalam kondisi sehat.

Apakah Kendaraan Dapat Melaju Melebihi Batas Akhir Speedometer?

Jawabannya iya bisa. Speedometer hanyalah indikator pengukur kecepatan. Ada yang terhubung ke ecu untuk membatasi kecepatan di titik tertentu, ada juga yang hanya menampilkan kecepatan tanpa batasan pada mesin, batasannya hanya pada kecepatan maksimal yang bisa ditampilkan.

Jadi kalau speedometer kendaraan niaga 1000 cc dengan kecepatan maksimal tersedia 120 km dipasang pada sedan 2000 cc, dengan mudahnya batas akhir kecepatan yang bisa ditampilkan akan tercapai, mesin masih bisa melaju lebih cepat lagi dan tidak bisa diidentifikasi kecepatannya.

Apa yang terjadi pada pengendara jika kecepatan melebihi batas speedometer?

Sebenernya efek yang ditimbulkan bermacam-macam, ada yang merasakan tegang, senang bahkan ada yang tidak merasakan apa-apa. Tapi ingat, tetap berkendara dengan aman dan jangan melebihi kecepatan yang telah ditentukan.

One thought on “Apakah Kendaraan Dapat Melaju Melebihi Batas Akhir Speedometer?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Sewa Mobil Gratis

Konsultasi Sewa Mobil Gratis
Holler Box