10 Tips Membangun Bisnis Untuk Milenial
Life Style

10 Tips Membangun Bisnis Untuk Milenial

Semakin kreatifnya kalangan milenial saat ini. Khususnya dalam membangun suatu bisnis, memanglah bukan isapan jempol belaka. Namun, membangun suatu bisnis bukanlah suatu hal yang mudah.

Membangun bisnis untuk milenial membutuhkan berbagai faktor pendukung dan langkah-langkah yang tepat agar bisnis tersebut dapat berkembang pesat.

Strategi bisnis pun perlu direncanakan secara matang. Dengan begitu, bisnis yang dibangun akan berjalan sesuai apa yang direncanakan. Namun, apakah kamu tau apa saja hal-hal yang dapat mendukung berjalannya bisnis yang kamu buat?

Berikut adalah 10 Tips Membangun Bisnis Untuk Milenial

Memahami Keinginan

Setiap orang pasti memiliki keinginan ataupun tujuan hidup masing-masing. Ketika saatnya tiba, mereka akan tahu apa yang mereka inginkan dan tekad akan menjadi penuntun kesuksesan. Pengusaha yang sukses biasanya berfokus pada suatu hal dan berpikiran tunggal. Kamu harus siap menerima kekalahan, serta menikmati kemenangan, dan terus maju.

Lakukan Hal yang Kamu Cintai

Dalam memasuki dunia bisnis, kamu harus memiliki keinginan atau hasrat untuk bisnis yang dirintis, serta harus memahami segala detailnya luar dalam. Jika kamu menjalani bisnis tanpa memiliki hasrat yang kuat, maka tidak ada artinya. Perhatikan kondisi pasar dari bisnis yang akan kamu rintis, cari tahu segala informasi yang diperlukan dan pahami. Setelah memahami pasar, Kamu harus menemukan unique selling point (USP) yang tidak dimiliki orang lain. Jangan sampai kamu terjebak dengan keyakinan dapat menerapkan pendekatan scatter-gun ke pasar. 

Fokus pada tujuan

Tidak peduli seberapa bersemangatnya ide bisnis, harus tetap objektif tentang kelangsungannya. Ketika mulai merasa bisnis seolah menjadi anak, inilah saatnya untuk mundur selangkah dan menilai kembali apa yang telah dilakukan. Mintalah saran dari pengusaha mapan atau dari orang yang tidak berhubungan dengan bisnis. Fokuslah pada realitas menjalankan bisnis, perhatikan baik-baik prakiraan untung dan rugi, keadaan pasar saat ini, dan sumber daya seperti pendanaan. Ketika yakin hal-hal tersebut telah memuaskan, Kamu dapat terus berinovasi.

Kelola waktu

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan ketika menjalani bisnis adalah manajemen waktu. Sebagai wirausahawan muda, atau mungkin masih duduk di bangku sekolah atau kuliah, pastikan tidak terlalu memaksakan diri. Walaupun bisnis itu penting, tapi studi sama pentingnya dengan minat bisnis. Biasakan membuat buku harian dan pastikan datang ke rapat pada waktu yang tepat. Pengusaha mapan akan menyarankan perencanaan dan persiapan sangat penting.

Berpikir radikal

Jangan pernah takut saat kamu berada di tepi, buatlah sebuah inovasi. Klien biasanya menyukai sebuah inovasi yang ditawarkan, tetapi jangan terlalu keras untuk itu. Jangan gunakan gimmick, gunakan strategi dan pengetahuan pasar yang jelas dan tepat.

Ikuti aturan

Model bisnis yang dirintis harus diakui, meskipun bisnis tersebut memiliki kesegaran yang menarik. Pastikan bahwa pakaian, presentasi, dan pasar harus mencerminkan masa muda. Tiba di pertemuan dengan pakaian yang kurang sopan dan berantakan akan merusak citra. 

Temukan mentor

Terlepas dari kondisi perdagangan yang menantang, selalu ada orang yang berpengalaman puluhan tahun untuk dibagikan. Pertimbangkan saran mereka tetapi jangan mengikutinya sepenuh hati. Jangan takut untuk menantang pendapat, itulah yang membuat wirausahawan menonjol dari yang lain dan mentor akan lebih memikirkan Kamu untuk itu.

Gunakan media dengan benar

Jika bisnis memiliki USP, itu akan menarik minat editor bisnis. Buat siaran pers dengan hati-hati dan waspadalah terhadap aksi ini, jika salah dalam membuat siaran pers bisa menjadi bumerang dan merusak reputasi merek bisnis.

Media penyiaran seperti radio dan TV masih menawarkan peluang untuk promosi, tetapi perusahaan perlu memiliki USP dan pengait untuk menonjolkan sebuah cerita. Rilis media harus ada benarnya dan tidak hanya mencerminkan keinginan untuk promosi. Media sosial sangat sukses dalam promosi tetapi harus digunakan dengan sangat hati-hati. 

Menghargai diri sendiri

Kenyataan dalam menjalankan bisnis serta semua aspek lain dalam hidup bisa melelahkan. Pastikan memberi waktu senggang untuk diri sendiri sehingga dapat merencanakan kegiatan sosial dan kewirausahaan dengan baik.

Periksa sikap

Jika sudah memulai bisnis sendiri atau akan memulainya, kemungkinan besar Kamu cukup percaya diri. Tetapi pastikan kepercayaan diri tidak terlihat oleh klien agar tidak terlihat sombong. Semua orang menyukai inovator tetapi tidak ada yang menyukai smart-alec. Selain memikirkan untuk mengembangkan merek untuk produk atau layanan, pertimbangkan untuk membuat merek pribadi, yang merupakan kepribadian dan citra profesional. 

Sumber : https://bisnis.tempo.co/read/1504886/pebisnis-muda-menjamur-simak-tips-berbisnis-untuk-anak-muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Sewa Mobil Gratis

Konsultasi Sewa Mobil Gratis
Holler Box