Heboh Bawa Sepeda di Mobil Bisa Ditilang
Mobil, Otomotif

Heboh! Bawa Sepeda di Mobil Bisa Kena Tilang?

Saat ini di media sosial sedang heboh karena ada pengendara Avanza yang ditilang gara-gara bawa sepeda di mobil. Pengendara tersebut membawa sepedanya di dalam kabin mobil dan mendapatkan surat tilang dari polisi. Meskipun pengendara tersebut telah menunjukkan surat-surat kendaraan dengan lengkap. Namun pengendara tersebut tetap ditilang dengan alasan membawa sepeda di dalam kabin mobil.

Menurut pihak kepolisian alasan penilangan dikarenakan pengendara membawa sepeda di dalam kabin mobil, dan lebih baik sepeda itu digantung di belakang mobil agar lebih aman.

Dasar hukum yang digunakan adalah UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ pasal 307.

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor Angkutan Umum Barang yang tidak memenuhi ketentuan mengenai tata cara pemuatan, daya angkut, dimensi kendaraan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 169 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

Namun dasar hukum penilangan tersebut telah dianulir oleh Dirlantas Polda Metro Jaya. Dan meminta maaf kepada masyarakat atas kesalahan tersebut.

Bawa sepeda di mobil dengan digantung di bagian belakang

Bawa sepeda di mobil bisa ditilang
Sepeda di belakang mobil

Mengenai anjuran membawa sepeda digantung di bagian belakang mobil sebenarnya belum ada aturan baku untuk penilangannya. Selama barang bawaan tersebut aman dan tidak mengganggu pengendara lain serta pengendara mobil harus tetap fokus dan selalu waspada akan barang bawaannya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Sewa Mobil Gratis

Konsultasi Sewa Mobil Gratis
Holler Box