larangan menggunakan lampu strobo sembarangan
Otomotif, Mobil, Tips dan Trik Otomotif

3 Alasan Menggunakan Lampu Strobo Sembarangan Dilarang

Saat ini banyak sekali masyarakata yang menggunakan lampu strobo, rotator ataupun sirine untuk kepentingan pribadi. Pemasangan aksesoris tambahan menggunakan lampu strobo untuk kendaraan pribadi tidak lain hanya untuk bergaya.

Namun, apakah kamu tahu menggunakan lampu strobo itu ada aturannya sehingga kita tidak bisa asal pasang strobo di kendaraan kita.

Aturan tersebut tertuang pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Menggunakan lampu strobo pada mobil tidak sesuai dengan peruntukan dapat dikenakan pidana seperti diatur dalam ketentuan Pasal 287 Ayat 4, bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor seperti itu di jalan melanggar ketentuan mengenai penggunaan alat peringatan dengan bunyi dan sinar.

Hukuman dari pelanggaran menggunakan lampu isyarat sembarangan yaitu kurungan penjara kurang lebih satu bulan atau dengan paling banyak Rp 250,000.

3 alasan utama larangan menggunakan lampu strobo sembarangan

1. Melanggar Aturan Negara

Menggunakan lampu isyarat sembarangan yang tidak sesuai dengan peruntukan sudah jelas tercantum dalam Undang-Undang di atas. Jika kita melanggar maka akan dikenakan hukuman pidana.

2. Mengganggu Pengendara Lain

Menggunakan lampu isyarat sembarangan apalagi saat dalam kondisi jalanan yang macet dapat membuat pengendara lain merasa terganggu. Banyak sekali pengendara yang menggunakan lampu strobo hanya dengan tujuan terhindar dari macet.

3. Memicu Tindakan Arogan

Menggunakan lampu isyarat sembarangan dapat memicu sifat arogansi dari penggunanya. Dengan menggunakan lampu isyarat sembarangan, pengendara akan mengendarai mobil secara arogan bahkan melanggar marka jalan serta menerobos lampu merah.

Bagaimana peruntukan menggunakan lampu strobo yang benar?

  • Lampu isyarat warna biru dan sirene digunakan untuk mobil petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia
  • Lampu isyarat warna merah dan sirene digunakan untuk mobil tahanan, pengawalan Tentara Nasional Indonesia, pemadam kebakaran, ambulans, palang merah dan mobil jenazah
  • Lampu isyarat warna kuning untuk mobil patroli jalan tol, pengawasan sarana dan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan, perawatan dan pembersihan fasilitas umum, menderek kendaraan dan angkutan barang khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Sewa Mobil Gratis

Konsultasi Sewa Mobil Gratis
Holler Box