10 Tanda Kamu Harus Ganti Ban Mobil
Tips dan Trik Otomotif

Kamu Harus Tahu! 10 Tanda Kamu Harus Ganti Ban Mobil

BLOG.RAINBOWRENTCAR.COM – Ban adalah salah satu bagian yang sangat penting pada suatu kendaraan. Ban pun memiliki berbagai jenis menyesuaikan dengan kendaraan, medan dan musim. Semakin tua umur ban, maka tingkat keamanan dari ban tersebut semakin rendah. Sehingga kamu harus segera kamu ganti ban mobil.

Maka dari itu, kamu harus tahu berbagai tanda-tanda kerusakan pada ban sehingga kamu harus segera menggantinya agar kamu selamat saat berkendara. Cek tanda-tanda tersebut di bawah ini:

10 Tanda Kamu Harus Ganti Ban Mobil

1. Usia Ban Mobil Sudah Lebih dari 3 Tahun

Ban terbuat dari karet yang elastis. Tingkat keelastisannya akan berkurang seiring waktu. Usia ideal ban mobil adalah tidak lebih dari 3 tahun. Jika ban sudah berusia tersebut maka harus segera kamu ganti, meskipun kembangnya masih bagus. Untuk menjaga keamanan kamu saat berkendara.

2. Ketebalan Tapak Ban Mencapai Batas TWI

Setiap ban mobil memiliki tanda TWI atau Tread Wear Indicator. Tanda ini adalah tanda yang digunakan untuk menentukan titik kehausan ban yang masih diizinkan. Jika tingkat kehausan ban melebihi titik ini, kamu wajib banget untuk ganti ban. Untuk tanda TWI ini biasanya ada dua yaitu di bagian tepi ban dan di tengah telapak ban.

Untuk tanda yang berada di tepi ban akan terlihat segitiga kecil di area bawah kembangan ban. Sedangkan tanda di tengah telapak ban berupa tonjolan yang tidak sampai setinggi kembangan ban.

3. Ban Gundul di Tengah

Jika ban gundul di bagian tengah saja dan pada bagian tepi masih bagus. Maka kamu juga harus segeran ganti ban mobil. Karena ketebalan ban tidak lagi seragam, dan akan mempengaruhi laju kendaraan.

4. Jarak Tempuh Sudah 40,000 km

Meskipun usia ban belum 3 tahun, namun telah menempuh jarak 40,000km kami sarankan kamu untuk segera ganti ban mobil. Karena saat kondisi tersebut, ban mobil sudah tidak layak lagi untuk digunakan.

5. Ban Gundul di Sisi atau Tepi Tertentu

Ada juga ban yang menipis pada bagian tertentu saja, misalnya hanya di tepi sisi luar, tepi sisi dalam atau bagian tertentu dari telapak ban. Maka dari itu, kamu harus sering-sering cek kondisi ban kamu ya.

6. Ban Hamil atau Ada Benjolan

Untuk tanda yang satu ini, kamu harus buru-buru ganti ban mobil kamu. Karena ban tersebut sewaktu-waktu bisa meledak secara tiba-tiba.

7. Ban Retak

Ban retak biasanya terjadi karena ban terlalu sering panas atau dipaksa jalan ketika ban dalam kondisi kurang angin. Sehingga kondisi ban rusak sebelum waktunya.

8. Lecet Karena Benda Keras

Ban terkadang secara tidak kita sengaja menggores benda keras seperti trotoar. Sehingga ban memiliki bekas lecet yang cukup besar. Kondisi ini sangat berbahaya karena ban sudah tidak sempurna.

9. Terlalu Sering Ditambal

Ban yang terlalu sering ditambal akan sangat berbahaya karena ban tersebut benar-benar rusak dan tambalannya bisa saja rusak secara tiba-tiba atau melebar sehingga kamu harus segera ganti ban mobil.

10. Kembangan Ban Terangkat

Hal ini terjadi pada ban mobil yang sering melalui jalanan yang rusak, khususnya mobil yang dipacu pada kecepatan tinggi di jalan yang tidak rata, sehingga sering mengerem cukup keras di jalanan tersebut. 

Hal ini juga bisa disebabkan karena bushing suspensi, bearing roda dan ball joint yang sudah aus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Sewa Mobil Gratis

Konsultasi Sewa Mobil Gratis
Holler Box